Laman

Rabu, 15 Februari 2012

Pengalaman pasang behel

akhirnya jadi pasang juga behel. Awalnya tidak ada rencana sama sekali pasang karena merasa sudah rata. gigi emang sudah rata, tapi maju klo dilihat tampak samping :)
Setelah mikir2 panjang dan lagi ada waktu juga unemploy dengan menghiraukan orang2 yang bilang bakal sakit karena harus cabut gigi, disuntik (pernah mengalami trauma suntikan), menderita tidak bisa makan yang enak2 dan sakit waktu makan, sariawan bertubi2, kpala cenat-cenut,ect. Pokoknya lanjut.
Konsultasi sama dokter kalau mau pasang behel. 4 gigi dicabut. alamak. ga bisa nego minta kurang aja yang dicabut :( setelah itu disuru rontgen gigi. ini paling gampang cuma disuru berdiri diam taro dagu ke mesin uda deh itu mesin mengitari kepala. hasilnya bisa diambil saat itu jg. 5 mnt. kasi hasil cetak gigi ke dokternya, langsung cetak gigi. atas bawah. ga sakit. cuma berasa disumpal mulutnya.
Day 1 :
cabut gigi untuk pertama kali. semangat tp jantung berdebar2. yang pertama dicabut gigi atas disebelah gigi taring. Dikasi suntikan. sakit bentar doang. kaya digigit tawon super gendut. langsung dokter ambil tang kayanya. pokoknya selama di dokter gigi merem aja. ga perlu liat alat2nya. Gigi ditarik paksa. agak susah, kata dokternya namanya juga gigi  sehat. huhuhu gigi sehat dicabut dengernya miris. tapi demi sesuap nasi, eh salah deh demi estetika. setelah dicabut dikasi resep obat penghilang nyeri. wajib minum kalo ga mau nyeri.
Day 3:
Lusanya balik lagi buat cabut gigi atas lagi. Prosesnya lebih cepat dari yg kemaren. setelah dicabut tidak sakit.
Day 5:
cabut gigi bawah. agak susah dicabut karena gigi sehat. akarnya juga kuat.  dokternya mengeluarkan sedikit tenaga otot akhirnya lepas juga. setelah cabut gigi bawah rasanya lebih nyeri gigi bawah drpd gigi atas waktu dicabut. mana sariawan akibat suntikan.
Day 13:
cabut gigi terakhir. kayanya dari semua gigi. Ini gigi paling susah dicabut. setelah dicabut jd bengkak. kompres pipi dengan koolfever (untuk anak2).

Tips setelah cabut gigi :
Gigit kapas kuat-kuat selama 1 jam . Bila masih terasa berdarah, beri kompres es pada pipi di daerah gigi yang dicabut selama 10 menit , kalau perlu diulangi beberapa kali.  
Setelah kapas dibuang, kumurlah dengan air dingin (ada yang menganjurkan dengan air teh pahit, yang sangat pekat dan dingin). Kumurnya harus perlahan-lahan, dengan air ditahan di dalam mulut selama 2-3 menit. Bila gerakan kumur terlalu kuat, maka akan mengganggu proses pembekuan darah pada luka bekas cabut. Selama 24 jam setelah pencabutan jangan berkumur keras-keras.

Jangan makan dan minum yang hangat atau panas, hindari pula makanan dan minuman beralkohol dan puasa merokok selama 24 jam setelah pencabutan

Jangan sering meludah
Jangan mengisap-isap lubang bekas pencabutan, dan jangan mengisap atau menyedot (misalnya merokok atau minum dengan sedotan)

Setelah 24 jam bila luka sudah benar-benar tidak berdarah lagi (sudah kering), maka kumurlah dengan air garam yang hangat. Ini untuk mempercepat penyembuhan luka. Lakukan secara teratur 2-3 kali sehari, misalkan setelah menggosok gigi atau setelah makan. Jaga kebersihan lubang bekas pencabutan.

Bila selama 2 jam sesudah pencabutan tidak ada tanda-tanda berkurangnya perrdarahan maka kembalilah ke dokter gigi anda.


Ps. setelah pakai behel gunakan sikat gigi  yang halus sikatnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar